Datang ke Ambon, Wakil Dubes Polanda Jajaki Kerja Sama Pariwisata dengan Pemkot Ambon

Share:

Wakil Dubes Polandia untuk Indonesia Stefan Piotr Firlus (kanan) dan Pj Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena

satumalukuID - Wakil Duta Besar (Dubes) Polandia untuk Indonesia, Stefan Piotr Firlus, melakukan kunjungan ke Pemerintah Kota Ambon dengan maksud menjajaki potensi kerja sama di sektor pariwisata.

"Peluang kerja sama di berbagai bidang khususnya bidang pariwisata disampaikan saat kunjungan Wakil Dubes Polandia untuk Indonesia Stefan Piotr Firlus, ke Pemerintah Kota Ambon," kata Bodewin Wattimena, Kamis (26/10/2023).

Kunjungan ini muncul karena jumlah wisatawan asal Polandia yang mengunjungi Ambon tercatat cukup banyak, mencapai sekitar 200 orang per tahun.

Hal ini membuat Pemerintah Polandia melihat potensi kerja sama dalam bidang pariwisata.

Jika kerja sama ini terwujud, bisa membuka peluang untuk mengembangkan travel agen yang akan membantu mengatur perjalanan para wisatawan Polandia selama berada di Kota Ambon.

Selain pariwisata, Pemerintah Polandia juga tertarik untuk menjajaki kerja sama di bidang pendidikan melalui program pertukaran mahasiswa dengan Universitas Pattimura (Unpatti). Ini bisa menjadi awal dari kerja sama pendidikan yang lebih luas.

Bodewin Wattimena juga meminta bantuan dari Wakil Dubes Polandia terkait penyediaan air bersih dan penanganan masalah sampah di Ambon. Meskipun Polandia juga menghadapi masalah air bersih, tetapi ada potensi bagi kerja sama di bidang ini.

Terdapat usulan untuk menjajaki kemungkinan kota bersaudara (sister city) antara Ambon dan salah satu kota di Polandia. Ini adalah kerja sama jangka panjang yang dapat mempererat hubungan antara kedua kota. (aldi josua)

Share:
Komentar

Berita Terkini