Jurusan Peternakan Faperta Unpatti PKM Sistem Pemeliharaan Ternak Babi di Waiyari

Share:

 


satumalukuID - Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian (Faperta) Unpatti melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) tentang Sistem Beternak Babi di Waiyari, Negeri Suli, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, belum lama ini.

Tim akademisi Jurusan Peternakan Faperta Unpatti tersebut dikordinir oleh Dr. Ir. G. Joseph MSi

Kegiatan itu utamanya memberikan penyuluhan tentang cara-cara beternak yang baik untuk meningkatkan produktivitas ternak babi.

Seperti diketahui, ternak babi merupakan hewan yang telah lama dipelihara dan dikembangkan  untuk tujuan memenuhi kebutuhan akan daging bagi umat manusia. 

Ternak babi merupakan salah satu komoditas penghasil daging yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan, karena memiliki sifat dan kemampuan yang menguntungkan antara lain: laju petumbuhan cepat, jumlah anak per kelahiran (litter size) tinggi, efisien ransum yang baik dan persentase karkas yang tinggi. 

Selain itu, babi mampu memanfaatkan sisa-sisa makanan atau limbah pertanian menjadi daging yang bermutu tinggi.

Terkait kebutuhan daging, pemerintah telah canangkan program swasembada daging nasional, namun belum memberikan hasil menggembirakan sehingga masih andalkan import daging yang cenderung meningkat. Karena itu usaha pengembangan ternak penghasil daging seperti babi perlu digalakan.   

[cut]

Untuk memperoleh hasil yang optimal dalam menjalankan usaha ternak babi terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu ketersediaan bibit yang baik, ketersediaan pakannya baik kuantitas maupun kualitas serta tatalaksana pemeliharaan terutama sistem perkandangan. 

Usaha peternakan babi yang ada di masyarakat khususnya di Waiyari, Negeri Suli, Kecamatan Salahutu, Maluku Tengah adalah masih bersifat tradisional. 

Babi yang dipelihara umumnya tidak mempunyai peralatan kandang yang baik dan pakan yang diberikan hanya sisa-sisa makanan dan limbah pertanian seadanya.   

Sehubungan dengan hal ini maka pada 14 September 2023, kegiatan PKM Jurusan Pertanian Faperta Unpatti memberikan sosialisasi Sistem Beternak Babi di Wayari, Negeri Suli, Kecamatan Salahutu, Maluku Tengah.  

Menurut Dr Joseph, pihaknya memberikan penyuluhan tentang cara-cara beternak yang baik untuk meningkatkan produktivitas ternak babi. 

Dijelaskan, pengetahuan tentang cara beternak babi yang baik merupakan salah satu faktor penting, disamping faktor ketrampilan dan sikap petani peternak agar dapat memilih dan mengambil keputusan dari berbagai alternatif pengetahuan yang ada untuk menyelesaikan permasalahan dalam upaya meningkatkan kesejahteraannya. 

Para peternak kecil secara tradisional memberikan pakan bagi ternak babinya berasal dari sumberdaya pakan yang tersedia secara bebas dan tidak mempunyai nilai tambah selain sebagai pakan. 

Sumberdaya ini meliputi sisa-sisa hasil pertanian dan sisa-sisa rumah makan yang nilai gizinya sangat rendah akibatnya produktivitas ternak babi sangat rendah.

Diharapkan, dari hasil kegiatan PKM ini dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan para peternak babi di Wayari, Negeri Suli sehingga dapat tingkatkan pendapatan dan kesejahteraan mereka. (NP)

Share:
Komentar

Berita Terkini