Tahun 2024, Bandara Pattimura Ambon Dipastikan Jadi Embarkasi Haji Antara

Share:

Rakor bersama Kementerian Agama RI bersama Gubernur Maluku Murad Ismail, dan Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Maluku di Ambon, Jumat (27/10/2023).

satumalukuID - Bandara Internasional Pattimura di Ambon akan menjadi Embarkasi Haji Antara (EHA) pada tahun 2024.

Keputusan ini diumumkan oleh Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kementerian Agama RI, H. Saiful Mujab, setelah melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Gubernur Maluku Murad Ismail, dan Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Maluku di Ambon, Jumat (27/10/2023).

“Semoga Insha Allah tahun 2024 embarkasi haji antara ditetapkan,” ungkapnya.

Kesiapan Maluku sebagai Embarkasi Haji Antara (EHA) adalah hasil dari kerjasama antara Pemerintah Provinsi Maluku dan Kementerian Agama. Gubernur Maluku telah mengajukan usulan untuk penetapan EHA sejak tahun 2020.

Tim Visitasi EHA akan meninjau berbagai persyaratan, termasuk kesiapan Bandara Internasional Pattimura dan gedung Asrama Haji.

Hal ini penting karena sistem "One Top Service" akan diterapkan, di mana seluruh administrasi untuk jamaah haji akan diselesaikan di gedung Asrama Haji sebelum mereka berangkat ke Arab Saudi.

Penetapan Maluku sebagai EHA diharapkan dapat meningkatkan layanan haji bagi masyarakat Maluku dan wilayah sekitarnya. Dengan adanya EHA, proses administrasi haji akan lebih efisien dan nyaman bagi para jamaah.

Rakor ini melibatkan berbagai pihak terkait, termasuk pemerintah daerah, Kementerian Agama, PT Angkasa Pura Ambon, Kantor Kesehatan Pelabuhan Ambon, Kantor Imigrasi, dan instansi lain yang terkait dengan proses perwujudan EHA di Maluku.

Pada kesempatan itu juga, Gubernur meminta Kemenag Maluku bersama Pemerintah Provinsi Maluku dan instansi terkait, menyiapkan segala dokumen dalam rangka penetapan Bandara Pattimura Ambon sebagai Embarkasi Haji Antara tahun 2024. (aldi josua)

Share:
Komentar

Berita Terkini