Peringati HPN 2024, PWI Maluku Komitmen Tingkatkan Kompetensi Wartawan

Share:

Ketua PWI Maluku Alex Sariwating

satumalukuID - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Maluku menegaskan komitmennya untuk meningkatkan kompetensi wartawan di daerah tersebut, sejalan dengan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2024.

"Karena ini tahun pertama kepemimpinan saya, kami berpegang pada hasil kongres di Bandung. Kami fokus pada pembenahan organisasi keanggotaan dan peningkatan pendidikan bagi anggota PWI melalui Uji Kompetensi Wartawan (UKW)," ungkap Ketua PWI Maluku, Alex Sariwating di Ambon, Jumat (9/2/2024).

Sariwating menjelaskan bahwa pelaksanaan UKW difokuskan pada wartawan muda, madya, dan utama yang merupakan anggota PWI.

"Kami sedang berupaya bersama PWI pusat dan Kementerian BUMN untuk melaksanakan enam kelas UKW, dengan tiga kelas untuk wartawan muda, dua kelas untuk wartawan madya, dan satu kelas untuk wartawan utama," tambahnya.

Selain itu, PWI Maluku mendorong pengurus PWI di kabupaten dan kota untuk berkerjasama dengan pemerintah setempat dalam pelaksanaan UKW.

"Kerjasama ini akan mempercepat proses keanggotaan bagi wartawan yang ingin bergabung dengan PWI dan juga memperkuat posisi mereka di lapangan dengan sertifikat UKW yang diakui oleh dewan pers," ujarnya.

[cut]

Sariwating menekankan bahwa sertifikat UKW saat ini menjadi salah satu persyaratan penting bagi wartawan dalam melakukan tugas wawancara dan peliputan. Oleh karena itu, PWI Maluku memberikan kesempatan kepada seluruh wartawan di Maluku untuk bergabung dengan PWI.

"Mereka dapat mendaftar langsung di kantor PWI," timpalnya. (aldi)

Share:
Komentar

Berita Terkini