Kodam Pattimura Peringati HUT ke-67 Sesuai Nomenklatur Baru

Share:


satumalukuID - Komando Daerah Militer (Kodam) XV Pattimura menggelar acara syukuran HUT nya yang ke-67 tahun sesuai dengan nomenklatur baru yang diteken oleh Kepala Staf TNI AD (Kasad).

Acara syukuran tersebut, dipimpin langsung oleh Pangdam Pattimura Mayjen TNI Syafrial PSC M.Tr.(Han). Bertempat di Baileo Slamet Riyadi, Makorem 151/Binaiya, Senin 27 Mei 2024.

Pangdam menyampaikan, syukuran itu merupakan ungkapan rasa syukur atas bertambahnya usia Kodam XV Pattimura, sekaligus mengenang dan menghargai, seraya mendoakan para pendahulu dan perintis Kodam XV Pattimura disertai tekad untuk terus melanjutkan cita-cita perjuangan mereka.

Mayjen TNI Syafrial menjelaskan, bahwa nomenklatur Kodam Pattimura kini telah berganti.

Sebelumnya bernama “Kodam XVI/Pattimura” menjadi “Kodam XV/Pattimura” dan hari ulang tahun yang semula tanggal 15 Mei (1999), diubah menjadi 27 Mei (1957), sehingga kini berusia 67 Tahun.

“Hal ini berdasarkan Surat Keputusan Kasad Nomor: KEP/155/II/2024, Tanggal 28 Februari 2024 tentang perubahan nama satuan dan hari jadi Kodam XV/Pattimura,” jelas Pangdam, yang dirilis di website resmi Kodam Pattimura.

Ia berharap, HUT ini hendaknya lebih dimaknai sebagai momentum untuk meningkatkan kinerja dengan melakukan introspeksi dan evaluasi secara jujur atas kinerja yang telah dilakukan. 

[cut]

Dengan melakukan evaluasi dan introspeksi, semua kekurangan dan keberhasilan yang telah dicapai dapat dijadikan masukan dan perbaikan pada pelaksanaan tugas di masa yang akan datang.

Lebih lanjut dikatakan, dalam kurun waktu 67 Tahun ini, berbagai pelibatan dan penugasan telah banyak menorehkan prestasi dan karya-karya terbaik dalam memberikan kontribusinya kepada masyarakat, bangsa dan negara. 

Keberhasilan tugas tersebut tentu tidak terlepas dari dukungan dan kerjasama dengan semua komponen bangsa di wilayah Maluku dan Maluku Utara.

Untuk itu, Pangdam mengucapkan terima kasih kepada unsur TNI/Polri, pemerintah daerah, tokoh agama, tokoh masyarakat dan segenap masyarakat Maluku dan Maluku Utara atas kerjasama dan dukungan yang selama ini telah diberikan kepada Kodam XV/Pattimura.

Ia juga berharap semoga memasuki masa pengabdian yang ke-67 ini, Kodam XV/Pattimura mampu mengoptimalkan peran dan fungsinya, dalam menjaga kedaulatan bangsa dan negara di wilayah Provinsi Maluku dan Maluku Utara.

Turut hadir dalam acara syukuran, Forkopimda Maluku dan Maluku Utara, mantan Gubernur Maluku dua periode Brigjen TNI Purn Karel Albert Ralahalu, para pimpinan instansi, lembaga pemerintah dan swasta, perguruan tinggi, bank, media massa, dan lainnya. Hadir juga tokoh-tokoh adat, masyarakat dan para tokoh lintas agama. (novi)

Share:
Komentar

Berita Terkini