Jabatan Kapolda Maluku Resmi Diserahterimakan

Share:


satumalukuID - Jabatan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Maluku resmi berganti dalam upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) yang dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Dalam upacara tersebut, Irjen Pol Lotharia Latif resmi menyerahkan jabatannya kepada Irjen Pol Eddy Sumitro Tambunan, yang kini menjadi Kapolda Maluku yang baru. 

Sementara itu, Irjen Pol Hadi Gunawan kini menjabat sebagai Koorsahli, menggantikan posisi yang sebelumnya diemban oleh Irjen Pol Eddy Sumitro.

Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol Areis Aminnullah, menyatakan bahwa selain pergantian Kapolda Maluku, upacara Sertijab juga dilakukan untuk beberapa Kapolda di wilayah lain, termasuk Sumatra Utara, Bangka Belitung, Bali, Bengkulu, dan Kalimantan Utara. Selain itu, sertijab juga dilakukan untuk posisi Kadiv Propam Polri dan satu pejabat utama yang merupakan staf Ahli Kapolri.

"Selain Sertijab untuk Kapolda Maluku, Sertijab juga dilakukan untuk Kapolda Sumatra Utara, Kapolda Bangka Belitung, Kapolda Bali, Kapolda Bengkulu, dan Kapolda Kaltara. Ada juga sertijab untuk Kadiv Propam serta satu staf Ahli Kapolri," ujar Kombes Pol Areis Aminnullah.

Irjen Pol Lotharia Latif, yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Maluku, kini dimutasi oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjadi Pati Bareskrim Polri untuk penugasan luar struktur. Irjen Pol Eddy Sumitro Tambunan menggantikan posisinya sebagai Kapolda Maluku.

Selain Kapolda, Wakapolda Maluku Brigjen Pol Stephen M Napium juga mengalami rotasi dan kini bertukar posisi dengan Wakapolda Maluku Utara, Brigjen Pol Samudi.

Mutasi dan pergantian jabatan ini resmi tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor ST/1554/VII/Kep/2024 tertanggal 26 Juli 2024, yang ditandatangani oleh As SSDM Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo. (aldi)

Share:
Komentar

Berita Terkini