Pangdam Ikut Resmikan 2.664 Sumber Air Bersih, 9 Titik di Lingkungan Kodam Pattimura

Share:


satumalukuID - Panglima Daerah Militer (Pangdam) XV Pattimura, Mayjen TNI Syafrial, bersama Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, meresmikan 2.664 titik sumber air bersih secara virtual di seluruh Indonesia.

"Program peresmian ini bekerja sama dengan PT Pertamina untuk mewujudkan akses air bersih di seluruh Indonesia," ungkap Pangdam XV Pattimura dalam keterangan tertulis yang diterima di Ambon, Rabu.


Pangdam XV/Pattimura secara khusus meresmikan fasilitas air bersih di Desa Kaitetu, Kecamatan Leihitu, Maluku Tengah. 


Sementara itu, KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak meresmikan fasilitas air bersih di Desa Manusak, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).


Pangdam menjelaskan bahwa di wilayah Kodam XV/Pattimura terdapat sembilan titik sumber air bersih dari Program TNI AD Manunggal Air. 


Rinciannya, delapan titik berada di Maluku dan satu titik di Maluku Utara. Selain itu, program perpipaan juga mencakup dua titik di Provinsi Maluku dan lima titik di Provinsi Maluku Utara.


Program ini mendapat dukungan positif dari pemerintah daerah dan masyarakat setempat. Pangdam mengharapkan agar fasilitas sumber air yang telah tersedia dimanfaatkan dan dirawat dengan baik, sehingga bisa digunakan dalam jangka panjang. 

[cut]


"Manfaatkan dan rawatlah fasilitas ini agar bisa dinikmati oleh anak cucu kita nanti," imbaunya.


Dalam sambutannya melalui virtual, KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak menjelaskan bahwa NTT dipilih sebagai lokasi utama peresmian karena merupakan tempat pertama di Indonesia yang memulai program sumber air bersih. 


Saat ini, NTT memiliki 400 titik air bersih, sebagai bagian dari komitmen TNI-AD dalam membantu memajukan daerah, khususnya dalam masalah ketersediaan air bersih yang merupakan kebutuhan dasar masyarakat.


KSAD menegaskan bahwa Program TNI-AD Manunggal Air akan terus berlanjut di seluruh Indonesia, dan menyoroti pentingnya kerja sama lintas pihak untuk memastikan ketahanan pangan dan kesejahteraan masyarakat. 


"Kalau kita bisa bekerja sama, baik itu TNI dengan semua pihak, saya yakin kesejahteraan masyarakat di setiap daerah bisa sama dan setara," ujarnya.


Di akhir sambutannya, KSAD menyampaikan kepada para Pangdam untuk meningkatkan kerja sama dan sinergisitas, tidak hanya dengan pemerintah daerah tetapi juga dengan pihak swasta dan BUMN, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di seluruh Indonesia. (aldi)

Share:
Komentar

Berita Terkini