PDIP Jadi “Nona Manis” di Pilgub Maluku, 4 Bacagub dan 1 Bawacagub Dapat Surat Tugas

Share:


satumalukuID - Pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak nasional bulan November 2024 makin dekat. Persaingan antar bakal calon (balon) baik untuk provinsi kabupaten dan kota semakin ketat.

Khusus untuk pemilihan gubernur (Pilgub) Provinsi Maluku, terjadi kompetisi perebutan “tiket” atau rekomendasi partai politik oleh para kandidat.

Terkait dengan itu, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dinilai ibarat “nona manis”. Menjadi rebutan para balon untuk peroleh rekomendasi. Pasalnya mereka memiliki 8 kursi dari hasil Pemilu legislatif 2024 lalu.

Terkini, sesuai sumber di Jakarta pada Selasa (16/7/2024) dilaporkan PDIP telah memberikan Surat Tugas (ST) kepada 4 bakal calon gubernur (Bacagub) dan 1 bakal calon wakil gubernur (Bacawagub).

Empat Bacagub Maluku yang diberikan ST oleh DPP PDIP itu adalah Letjen TNI Purn Jeffry A. Rahawarin (JAR), Febry Calvin Tetelepta (FCT), Barnabas Orno (BO) dan Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina (SL).

Sedangkan satu figur Bacawagub untuk Pilgub Maluku yang peroleh ST dari PDIP adalah mantan Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua (TA).

Ketua DPD PDI Perjuangan Maluku, Benhur Watubun yang dikonfirmasi media ini, belum merespon soal adanya ST ini.

[cut]

Namun demikian, Bacagub Maluku yakni Jeffry Rahawarin yang dihubungi Rabu (7/17/2024), membenarkan dirinya telah peroleh ST dari DPP PDIP. “Iya benar,” katanya.

Menurut JAR, hingga kini pihaknya telah diberikan Surat Tugas dan ada juga Rekomendasi dari enam parpol yaitu PDIP, Partai Golkar, Nasdem, PPP, Hanura dan Perindo.

Secara terpisah, Bacagub Maluku lainnya yakni Said Latuconsina yang dikonfirmasi, juga benarkan pihaknya dapatkan ST dari DPP PDI Perjuangan.

“Iya saya juga dapat (ST),” ujar Komandan Lantamal IX Ambon ini.

Semakin dekat waktu pendaftaran Bacagub dan Bawacagub di Pilgub Maluku pada Agustus 2024 nanti, para kandidat terus melakukan konsolidasi dan sosialisasi ke masyarakat.

Sebelumnya pasangan calon lainnya yakni Murad Ismail dan Michael Wattimena telah peroleh rekomendasi dari tiga parpol untuk mengusung mereka yaitu Partai Demokrat, PKS dan PAN.

Terkini muncul lagi paslon baru yakni Hendrik Lewerissa dan Ramli Umasugi. Keduanya disebut-sebut didukung Partai Gerindra dan Partai Golkar.

Namun hingga hari Selasa (16/7/2024), seperti keterangan dari Ahmad Muzani sebagai Sekjen Partai Gerindra di Jakarta, bahwa pihaknya telah menetapkan 14 rekomendasi kepada para cagub dan bacagub di provinsi masing-masing, belum ada nama Hendrik Lewerissa untuk ikut kontestasi Pilgub Maluku.

Share:
Komentar

Berita Terkini