Putra Maluku Dipromosi Jadi Asops Kasad, Tampubolon Kasum TNI, Baay Pangdam Jaya

Share:

Brigjen TNI.Christian K. Tehuteru dan istri. (Foto dok).


satumalukuID - Satu lagi perwira tinggi tinggi (Pati) berdarah Maluku, mendapat promosi jabatan di jajaran TNI dari posisi bintang satu ke job bintang dua atau Mayor Jenderal (Mayjen).

Figur tersebut adalah Brigjen TNI Christian Kurnianto Tehuteru. Ia dipromosi sebagai Asisten Operasi (Asops) Kepala Staf TNI AD (Kasad).

Tehuteru menggantikan Mayjen TNI Dian Sundiana yang dimutasi ke Mabes TNI dalam rangka pensiun. 

Sedangkan Tehuteru sebelumnya jabat Wakil Asops Kasad Bidang Perencanaan Operasi sejak 22 Maret 2024.

Alumni Akademi Militer (Akmil) tahun 1993 ini lahir di Jakarta 31 Juni 1971. Ia berasal dari Negeri Hatusua, Seram Bagian Barat, Maluku.

Beberapa jabatan penting yang pernah dijabat saat berpangkat Kolonel yaitu Danrem 151/Binaiya Kodam Pattimura  (2017—2018), Paban III/Siapsat Sopsad (2018—2020), Paban VI/Operasi Dalam Negeri Sopsad (2020—2022), Paban V/Kermalat ASEAN Slatad (2022).

Kemudian saat betpangkat Brigjen, Tehuteru menjabat Asops Kaskostrad (2022—2024) dan Waasops Kasad Bid Renops (2024 — hingga dipromosi jadi Asops Kasad).

[cut]

Promosi putra Maluku itu, sesuai dengan kebijakan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto yang melakukan mutasi, rotasi, dan promosi terhadap 256 perwira TNI. 

Dalam mutasi terbaru ini, Jenderal TNI Agus Subiyanto juga mengangkat empat Panglima Kodam (Pangdam).

Pengangkatan keempat Pangdam ini tertuang dalam dalam SK Panglima TNI Nomor Kep/851/VII/2024 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI ini ditetapkan oleh Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto pada 24 Juli 2024.

Berdasarkan informasi yang didapat kalangan media, Sabtu (27/7/2024), para perwira yang dimutasi tersebut berasal dari tiga matra Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), dan Angkatan Udara (AU).

Menariknya dalam mutasi kali ini di kalangan Pati, juga terdapat dua putra Maluku Utara (Ternate dan Tobelo) maupun pergeseran posisi job bintang tiga antara sesama mantan Pangdam Pattimura.

Dua putra Maluku Utara tersebut adalah Letjen TNI M. Saleh Mustafa yang sebelumnya jabat Pangkostrad kini digeser sebagai Irjen TNI. 

Ia gantikan Laksdya TNI Dadi Hartanto yang dimutasi jadi Pati Mabes TNI AL dalam rangka pensiun. 

[cut]

Kemudian Mayjen TNI Rafael Granada Baay yang sebelumnya menjabat Pangdam V/Brawijaya digeser sebagai Pangdam Jaya. Ia gantikan posisi Mayjen TNI Mohamad Hasan yang diangkat sebagai Pangkostrad. 

Selain itu, posisi Kepala Staf Umum (Kasum) TNI kini dijabat Letjen Richard Tampubolon yang gantikan Letjen Bambang Ismawan. 

Bambang dimutasi sebagai Pati Mabes TNI AD dalam rangka pensiun. Tampubolon dan Ismawan juga pernah jabat Pangdam Pattimura.

Posisi yang ditinggalkan Richard Tampunolon sebelumnya yakni Pangkogabwilhan III akan diisi Mayjen Bambang Trisnohadi. Yang sebelumnya menjabat Pangdam IX/Udayana.

Selanjutnya jabatan Pangdam IX/Udayana diisi Mayjen TNI Muhammad Zamroni, yang jabatan lamanya Danpussenkav.

Mayjen TNI Rudy Saladin, jabatan lama Sesmilpres Kemensetneg diangkat menjadi Pangdam V/Brw gantikan Mayjen TNI Rafael Granada Baay.

Mayjen TNI Rudi Puruwito, sebelumnya Pangdivif 1 Kostrad diangkat menjadi Pangdam XVII/Cenderawasih gantikan Mayjen TNI Izak Pangemanan yang digeser menjadi Wadan Kodiklatad.

Sedangkan posisi Kapuspen TNI dijabat Brigjen Hariyanto yang sebelumnya adalah Kasdam XVII/Cenderawasih. Kapuspen lama Mayjen Nugraha Gumilar dimutasi menjadi dosen tetap Unhan.

Brigjen Kristomei Sianturi dimutasi dari Kadispenad menjadi Danmentar Akmil. Kolonel Inf Wahyu Yudhayana ditunjuk sebagai Kadispenad yang baru. (*/NP)

Share:
Komentar

Berita Terkini