Bodewin - Elly Toisuta Paslon Pertama Lolos Syarat Ikut Pilkada Kota Ambon

Share:


satumalukuID - Pasangan bakal calon (Paslon) Walikota dan Wakil Walikota Ambon, Bodewin M Wattimena dan Elly Toisuta, jadi calon kepala daerah (Calkada) pertama yang penuhi syarat maju di Pilkada Serentak pada November 2024.

Pasalnya, duet tersebut telah peroleh rekomendasi dari Partai Nasdem yang punya 4 kursi di DPRD Kota Ambon hasil Pileg 2024, sedangkan Partai Gerindra meraih 3 kursi.

“Rekomendasi Gerindra diberikan langsung oleh DPP Gerindra di Jakarta,” kata Ketua DPD Gerindra Maluku, Hendrik Lewerissa kepada wartawan usai Wisuda Sarjana dan Pasca Sarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon, Rabu (31/7/2024).

Dengan dua rekomendasi tersebut, maka Bodewin dan Elly sudah penuhi syarat minimal 20 persen dari total 35 kursi DPRD Kota Ambon, sehingga bisa mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Bodewin Wattimena adalah mantan Penjabat Walikota Ambon 2022 - 2024 dan kini jabat Sekretaris DPRD Provinsi Maluku. 

Sedangkan Elly Toisuta politisi Partai Golkar yang sedang duduki posisi Ketua DPRD Kota Ambon.

Sementara itu, saat dihubungi media ini Kamis (1/8/2024), Bodewin mengatakan, selain sudah terima rekomendasi Partai Nasdem dan Gerindra, pihaknya juga dalam waktu dekat juga akan peroleh dukungan dari Partai Golkar.

[cut]

"Mungkin minggu depan rekomendasi Partai Golkar keluar lagi. Kami juga sedang berproses dengan PDI Perjuangan dan PSI. Kita tunggu saja hasilnya," ujar Bodewin, yang dinilai banyak kalangan sebagai figur yang cocok bangun Kota Ambon.

Untuk diketahui, dua bakal calon di Pilkada Kota Ambon lainnya yaitu Jantje Wenno dan Syarif Bakri Asyaatry. Keduanya dapat dukungan dari Partai Perindo dan PPP.

Sedangkan Agus Ririmasse dan Novan Liem, sudah dapat rekomendasi Partai Demokrat dan infonya juga dari PAN. (SM-05)

Share:
Komentar

Berita Terkini