Siapa Atlet Pelatih Asal Maluku yang Pernah Tampil di Arena Olimpiade?

Share:

Deret atas: Irene Joseph, La Memo dan Alvin Tehupeiory. Deret bawah: Wiem Gommies, Rexy Mainaky dan Albert Papilaya. (Foto dok).

satumalukuID - Pesta olahraga antar bangsa terakbar di dunia, Olimpiade kini sedang berlangsung di Paris Prancis 2024, diikuti oleh sekitar 11 ribu atlet dari 206 negara terdaftar sebagai peserta.

Kontingen Indonesia turut berpartisipasi di.Olimpiade Paris 2024, dengan meloloskan 29 atlet dari cabang olahraga bulutangkis, angkat besi, panahan, panjat tebing, atletik, renang, senam, balap sepeda, menembak, dayung, judo, dan selancar.

Nah dari catatan sejarah sejak Indonesia ikut pertama kali di Olimpiade Helsinki 1952, banyak atlet dan juga pelatih asal atau keturunan Maluku (termasuk Maluku Utara) yang perkuat kontingen Indonesia.

Siapakah para atlet dan pelatih Indonesia asal Maluku tersebut yang berlaga di event olahraga paling bergengsi itu?

Di mulai pada Olimpiade Roma Italia 1960, terdapat dua atlet berdarah Maluku yang ikut serta dalam tim Indonesia. Mereka adalah Josef Muskitta (cabor layar) dan Theo Polhaupessy (balap sepeda).

Khusus Josef Muskitta, merangkap jadi atlet dan pelatih. Beliau perwira militer yang dikenal sebagai tokoh nasional saat pergerakan kemerdekaan, pernah jadi Dubes RI di Jerman dan Sekretaris Wakil Presiden. Pangkat militernya saat pensiun yakni Mayjen (bintang dua).

Berikutnya pada Olimpiade Munich Jerman 1972. Juga terdapat atlet Indonesia asal Maluku, yaitu Wiem Gommies (tinju). Wiem yang juara Asia bertanding di kelas menengah namun kalah oleh juara dunia saat itu dari Uni Soviet (Rusia).

[cut]

Pada Olimpiade Munich Jerman 1972 dan Monteal Kanada 1976. Juga diikuti oleh sprinter Carolina Riewpassa (atletik). Di dua momen itu Carolina turun di 100 meter dan 200 meter.

Lanjut di Olimpiade Los Angeles AS 1984, kembali sprinter keturunan Maluku wakili tim merah putih yakni Emma Tahapary. Emma turun di nomor 200 meter dan 400 meter putri.

Berikutnya pada Olimpiade Barcelona 1992, ada tiga atlet keturunan Maluku di ajang bergengsi itu. Yaitu Rexy Mainaky yang berpasangan dengan Ricky Subagja (ganda putra bulutangkis), Albert Papilaya (tinju) dan Helena Papilaya (judo).

Rexy/Ricky hanya sampai 16 Besar waktu itu. Sedangkan Albert Papilaya lolos hingga perempatfinal.

Pada Olimpiade Atlanta AS 1996. Di momen ini juga diikuti Rexy Mainaky dengan duetnya Ricky Subagja serta petinju La Paene Masara.

Saat di Atlanta 1996 inilah Rexy/Ricky berhasi persembahkan medali emas untuk Indonesia di nomor ganda putra. Sedangkan La Paene Masara terhenti di perempatfinal.

Talenta para atlet asal Maluku terus berlanjut. Pada Olimpiade Sidney Australia 2000, diikuti oleh sprinter Irene Trutje Joseph (atletik), juga La Paene Masara (tinju) serta Chinthya Tuwanakota (ganda putri bulutangkis dengan Etti Tantri), Marleve Mainaky (tunggal putra) dan Rexy Mainaky (ganda putra).

[cut]

Partisipasi atlet Indonesia asal Maluku berlanjut pada Olimpiade Brazil 2016. Yaitu melalui atlet dayung putra di nomor rowing, La Memo, anak Pulau Osi Seram Bagian Barat. Memo masuk hingga perempatfinal.

Kemudian di Olimpiade Tokyo 2020, sprinter Indonesia asal Maluku yakni Alvin Tehupeiory juga turut setta di nomor 100 meter putri.

Terkini, di Olimpiade Paris 2024, pedayung nomor rowing La Memo kembali tampil untuk kedua kalinya.

Selain atlet, pelatih asal Maluku yang paling berprestasi bawa anak asuhannya meraih medali Olimpiade adalah.Richard Mainaky di cabor bulutangkis.

Richard sukses bawa ganda campuran Indonesia yaitu Tri Kusharjanto/Minarti Timur meraih medali perak di Olimpiade Sidney 2000. 

Pada Olimpiade Beijing China 2008, Richard juga berhasil antarkan ganda campuran Nova Widianto/Liliyana Natsir rebut perak dan Flandy L/Vita Mariska raih perunggu.

Kesuksesan terbesar pelatih kelahiran Ternate, Maluku Utara 1965 itu, terjadi di Olimpiade Rio de Janeiro Brazil 2016. Saat ganda campuran Tantowi Ahmad/Liliyana Natsir berhasil rebut medali emas untuk kontingen Indonesia. (NP)

Share:
Komentar

Berita Terkini