Kaya Ajak Warga Ambon Benahi Bersama, Ririmase Pamit dan Minta Maaf

Share:

Penjabat Wali Kota Ambon Dominggus N Kaya saat upacara peringatan HUT ke -449 Kota Ambon, Sabtu (7/9/2024). 


satumalukuID - Penjabat (Pj) Wali Kota Ambon Dominggus N. Kaya, mengajak warga agar bisa bekerja bersama untuk membenahi Kota Ambon dan membuat Ambon semakin Manis e.

Hal itu disampaikan Dominggus Kaya saat Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-449 Kota Ambon di Lapangan Merdeka, Sabtu (7/9/2024).

Upacara itu bertemakan “Deng Cinta Voor Ambon”, upacara dipimpin Pj Walikota Ambon sebagai "Upulatu" dan Komandan Upacara yaitu Sekretaris Camat Leitimur Selatan, Ivan Erik Pattinama S,STP.

Juga turut dihadiri Pj Gubernur Maluku Sadali Ie didampingi istri Nita Sadali, Plh Sekda Maluku, Forkopimda Kota Ambon, Sekkot Ambon, TNI Polri, tokoh agama, tokoh masyarakat, pemuda, serta para ASN dan non ASN lingkup Pemkot Ambon.

Meskipun diguyur hujan, pelaksanaan upacara yang bernuansakan budaya lokal Ambon Maluku ini berlangsung lancar dan khidmat.

Merujuk dari Tema HUT Kota Ambon, Kaya berharap bahwa, masyarakat bisa bekerja untuk membenahi Kota Ambon, membuat Ambon semakin manis, dan tidak perlu menunggu sampai menjadi Walikota atau anggota DPRD, karena semua orang bisa membenahi Kota Ambon.

“Motto ini terinspirasi sesuai slogan Karja Deng Hati Voor Ambon. bahwa kota ini tidak bisa dibangun sendiri, tapi butuh kebersamaan, rasa cinta dan satu hati yang dimiliki warga," ucapnya.

[cut]

Ia juga memberikan contoh untuk membuat Ambon semakin manis, yakni dengan buang sampah pada tempatnya, mengatur halaman rumahnya, hidup saling menyayangi satu dengan yang lain, tidak menaruh rasa curiga, masuk kantor lebih awal, hingga rajin belajar.

Pj Walikota juga menambahkan, di tahun ini akan memilih Gubernur Maluku dan Walikota Ambon, sehingga berbeda pilihan itu biasa, tetapi jangan sampai membenci satu dengan yang lain.

Sementara itu melalui video yang diunggah oleh media resmi Pemerintah Provinsi Maluku, Sadali Ie, juga menyampaikan selamat Ulang Tahun ke-449 Kota Ambon.

Dengan harapan semoga Kota Ambon lebih mandiri dan profesional, dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan penuh rasa cinta, guna mewujudkan masyarakat Kota Ambon yang lebih manis dan harmonis. 

PAMIT DAN MINTA MAAF

Sementara itu, dalam kesempatan upacara tersebut Sekertaris Kota (Sekot) Ambon, Agus Ririmasse menyampaikan permintaan maafnya di hari terakhir sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), kepada mantan Pj Walikota Bodewin M Wattimena dan juga untuk para pegawai di Pemerintah Kota Ambon.

[cut]

Hal itu karena sejak Senin (8/9/2024), Agus Ririmasse cuti dari status sebagai ASN termasuk jabatan Sekertaris Kota (Sekot) Ambon, jika surat usulan pengunduran dirinya belum diteken oleh Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

"Saya sampaikan permohonan maaf kepada pak Bodewin Wattimena sahabat saya beserta ibu Lisa. Kepada Penjabat Walikota Ambon bapak Dominggus., Mantan Walikota, Richard Louhenapessy. Maafkan kalau selama dampingi bapak dan ibu, kami buat salah, kepada teman-teman pimpinan OPD, asisten, staff ahli, yang mungkin dalam pelaksanaan tugas, saya ada marah, tegas, keras, tapi saya punya hati tidak pernah dendam," ucap Ririmasse.

Agus Ririmasse undur diri sebagai ASN, dikarenakan turut bertarung di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkda), sebagai Calon Walikota Ambon periode 2024-2029 bersama Novan Liem sebagai wakilnya. Hal itu merupakan pesyaratan yang diterapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Mulai terhitung tanggal 8 September saya sudah tidak lagi bekerja di balaikota sebagai Sekretaris Kota maupun sebagai ASN, karena saya sudah mengajukan cuti di luar tanggungan negara terhitung tanggal 8," jelasnya.

Seperti diberitakan, Bodewin Wattimena dan Agus Ririmasse saat ini telah terdaftar sebagai calon Walikota Ambon periode 2024-2029 dan akan bersaing di Pilkada serentak pada 27 November 2024 nanti. (*/NP)

Share:
Komentar

Berita Terkini