Dosen Poltekkes Kemenkes Maluku Berbagi Ilmu di TK Uku Telu Hila

Share:


satumalukuID - Dosen Keperawatan Poltekkes Kemenkes Maluku melakukan program pendampingan kepada orang tua siswa TK Uku Telu di Negeri Hila, Kecamatan Leihitu, Maluku Tengah.

Acara tersebut bertemakan "Pendampingan Ibu Dalam Menstimulasi Perkembangan Anak Usia Pra Sekolah Di Desa Hila dan Kaitetu di negeri tersebut.

Kegiatan itu sebagai bagian dari pelaksanaan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat.

Hal itu dilaksanakan pada hari Jumat (4/10/2024) kepada orang tua siswa pra sekolah, para guru TK Uku Telu di Hila Kecamatan Leihitu Maluku Tengah ini dihadiri juga kader Posyandu.  

Sistem yang dilakukan yaitu edukasi, pelatihan dan pendampingan kepada orang tua, terutama ibu, para guru, dan kader Posyandu.

Tiga orang dosen yang jadi nara sumber atau pendamping yaitu M.M.Nendissa S.Pd S.Kep M.Kes, Ns.Cut Mutia Tatisina S.Kep M.Kep dan Ns Martini Tidore S.Kep.M.Kes berserta dua orang mahasiswa.  

Tujuan  dari kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan dan perilaku ibu dalam mestimulasi perkembangan psikososial anak usia pra sekolah dengan harapan mereka dapat berkembang sesuai dengan tahapan perkembangannya,.

[cut]

Menurut Mintje Nendissa sebagai ketua kelompok pengabdi kepada media ini, bahwa pertumbuhan anak usia prasekolah dapat mencapai potensi maksimal jika mereka mendapatkan stimulasi yang merangsang seluruh aspek perkembangannya. 

"Peran orang tua sangat penting dalam memberikan stimulasi untuk mendukung proses perkembangan psikologi anak, dampaknya adalah anak-anak akan menjadi lebih mandiri, percaya diri dan yakin dalam menjalani tugas-tugas mereka," jelas Mintje.

Ia menambahkan, respon dan perhatian orang tua siswa dalam hal ini ibu-ibu dan para guru sangat baik, mereka sangat  antusias mendengarkan penjelasan dan contoh atau simulasi yang pihaknya sampaikan. (NP)

Share:
Komentar

Berita Terkini