Menteri ESDM Usulkan Nama Prof Lestaluhu untuk Gedung Olahraga Unpatti

Share:

Peletakan batu pertama pembangunan Lestaluhu Sport Centre di Unpatti

satumalukuID – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia, Bahlil Lahadalia, menolak penggunaan namanya untuk Gedung Olahraga (GOR) Unpatti atau Unpatti Sport Center. 

Sebagai gantinya, ia mengusulkan gedung tersebut dinamai Prof Lestaluhu Sport Center untuk menghormati rektor pertama Universitas Pattimura, Prof. Lestaluhu.

"Sebagai bentuk penghormatan kepada para pendahulu, lebih baik jika gedung ini diberi nama tokoh yang dapat menginspirasi kita semua, yakni Rektor pertama Unpatti, Prof. Lestaluhu," kata Bahlil Lahadalia dalam acara peletakan batu pertama pembangunan gedung olahraga tersebut di Ambon, Senin (17/10/2024).

Bahlil menekankan bahwa pemberian nama ini merupakan penghargaan bagi para pendahulu yang berperan dalam membangun ekosistem pendidikan tinggi di Maluku. 

Ia juga menegaskan komitmennya untuk membantu memperjuangkan pendanaan pembangunan Lestaluhu Sport Center melalui Fraksi Partai Golkar di Komisi X DPR-RI, agar proyek ini bisa segera terwujud sesuai jadwal.

Pembangunan Lestaluhu Sport Center, menurut Bahlil, merupakan upaya Unpatti dalam mendukung lahirnya atlet-atlet berprestasi, khususnya di bidang olahraga beladiri. 

"Pembangunan ini diharapkan dapat menjadi tempat bagi anak-anak yang gemar berkelahi di jalanan untuk menyalurkan energi mereka di atas ring, dan meraih prestasi," tambahnya.

[cut]

Sementara itu, Wakil Rektor IV Unpatti, Ruslan Tawari, menjelaskan bahwa sport center ini akan dibangun dua lantai dengan berbagai fasilitas olahraga, seperti kolam renang, lapangan futsal, voli, badminton, basket, serta area untuk gymnastic. 

Gedung ini tidak hanya akan dimanfaatkan oleh mahasiswa, tetapi juga menjadi pusat pembinaan olahraga bagi generasi muda Maluku.

Dalam rencana pembangunan tersebut, stadion sepak bola Unpatti juga akan direvitalisasi. 

"Potensi olahraga di Maluku sangat besar, namun kita kurang memiliki fasilitas yang mendukung pendidikan akademik di bidang olahraga. Dengan adanya fasilitas baru ini, kita harap potensi tersebut bisa berkembang lebih baik," ujar Ruslan.

Pembangunan GOR Prof Lestaluhu diharapkan dapat menjadi tonggak penting dalam memajukan olahraga dan meningkatkan prestasi generasi muda Maluku. (aldi)

Share:
Komentar

Berita Terkini