Tim SAR Evakuasi 27 Penumpang Speedboat Mati Mesin di Perairan Maluku Tenggara

Share:

Tim SAR gabungan mengevakuasi 27 penumpang sebuah speedboat yang mengalami kerusakan mesin dan terombang-ambing di Perairan Selat Nerong, Kabupaten Maluku Tenggara.

satumalukuID - Tim SAR Gabungan berhasil mengevakuasi 27 penumpang sebuah kapal cepat (speedboat) yang mengalami kerusakan mesin di tengah laut di perairan Selat Nerong, Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku.

"Speedboat tersebut berangkat dari Desa Maholat menuju Pelabuhan Watdek, namun mengalami mati mesin di tengah perjalanan dan terombang-ambing di laut," ungkap Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ambon, Muhamad Arafah, pada Selasa malam (8/10/2024).

Laporan pertama diterima oleh Pos SAR Tual sekitar pukul 09.45 WIT dari seorang warga bernama Ny Yati, yang kemudian meminta bantuan untuk evakuasi para penumpang. 

Tim SAR Gabungan pun dikerahkan pada pukul 10.00 WIT menggunakan RIB 04 Pos SAR Tual dan KN Catamaran Bakamla Tual. 

Mereka menuju lokasi kejadian dengan koordinat 5°44'12.48"S-132°51'56.73"E, yang berjarak sekitar 11 mil laut arah tenggara dari Dermaga PSDKP Tual.

Setelah dua jam pencarian di tengah laut dengan cuaca hujan lebat, tim SAR Gabungan menemukan speedboat yang mengalami kerusakan pada pukul 12.10 WIT. 

Seluruh penumpang dalam kondisi selamat dan dipindahkan ke kapal RIB Pos SAR Tual dan KN Catamaran Bakamla untuk dievakuasi menuju Langgur, Maluku Tenggara.

[cut]

"Saya langsung menginstruksikan tim SAR Gabungan di Tual untuk bergerak cepat setelah menerima laporan," ujar Arafah. 

Koordinator Pos SAR Tual juga melaporkan bahwa speedboat tersebut pertama kali ditemukan oleh kapal perusahaan mutiara sebelum para penumpang dievakuasi ke kapal SAR.

Dari 27 penumpang yang dievakuasi, terdapat enam wanita dewasa, seorang anak perempuan, dan seorang anak laki-laki. 

Seluruh penumpang berhasil dievakuasi dengan selamat ke Langgur dan diserahkan kepada pihak keluarga. (aldi)

Share:
Komentar

Berita Terkini