UKIM dan Unpatti Raih Emas, Lelemuku Perunggu di Pesparawi Mahasiwa Nasional 2024

Share:


satumalukuID - Paduan suara mahasiswa (PSM) Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM) dan Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon meraih medali emas pada Pesparawi Mahasiswa Nasional XVIII di Kupang NTT.

Sedangkan PSM dari Universitas Lelemuku Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar hanya peroleh medali perunggu.

Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang dipercaya menjadi tuan rumah event tersebut, yang resmi dibuka pada Selasa 1 Oktober di Gedung Graha Undana dan ditutup dengan pengumuman juara pada Sabtu 5 Oktober 2024. 

Pesparawi Mahasiswa Nasional 2024 ini diikuti oleh 33 perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Dari Maluku tiga paduan suara yakni Unpatti, UKIM Ambon dan Universitas Lelemuku Saumlaki.

PSM UKIM meraih medali emas dengan perolehan nilai 81,33. Sedangkan Hotumese Choir dari Unpatti dapat nilai 80,85. Kemudian Universitas Lelemuku raih medali perunggu dengan nilai 68,45.

Sementara itu, Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo Jateng berhasil tampil sebagai juara pertama, karena peroleh nilai tertinggi yaitu 88,88. 

Juara kedua oleh Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado nilai 86,85. Posisi ketiga diraih Universitas Negeri Yogyakarta nilai 85,88.

[cut]

Tempat keempat didapat Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga dengan nilai 85,15. 

Serta posisi kelima diperoleh Universitas Atmajaya Yogyakarta nilai 84,95 dan peringkat keenam oleh Universitas Sumatera Utara (USU) Medan nilai 84,35.

Beberapa PSM perguruan tinggi terkenal ada juga yang meraih medali emas. Seperti Universitas Diponegoro, Univ Brawijaya, Univ Tanjungpura, Univ Kristen Maranatha Bandung, Univ Negeri Manado, Univ Negeri Makassar.

Sedangkan yang lainnya hanya peroleh medali perak seperti Univ Negeri Medan, Univ Bina Nusantara Jakarta, Univ HKBP Nomensen, Univ Lambung Mangkurat dan lainnya.

Untuk diketahui, Pesparawi Mahasiswa Nasional XVIII Tahun 2024 merupakan ajang paduan suara yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan Talenta Indonesia Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Kompetisi ini merupakan wadah unjuk prestasi dan proses menemukan talenta yang dimiliki oleh para mahasiswa, terutama talenta di bidang seni suara untuk menemukan bibit yang potensial dan berbakat. (NP)

Share:
Komentar

Berita Terkini