SATUMALUKU.ID -- Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Maluku, bekerja sama dengan La Trobe University, Australia, menyelenggarakan pelatihan pemasaran berkelanjutan untuk meningkatkan kemampuan berwirausaha mahasiswa.
"Kegiatan ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa terkait tren pemasaran, khususnya pemasaran berkelanjutan, yang merupakan strategi pemasaran yang mengutamakan kepentingan masyarakat dan lingkungan, selain keuntungan bisnis," ujar Wakil Rektor Bidang Akademik Unpatti, Prof. Dominggus Malle, di Ambon, Senin (2/12/2024).
Ia menjelaskan bahwa pemasaran berkelanjutan memprioritaskan isu-isu sosial, lingkungan, dan tata kelola perusahaan.
"Di era digital, digital marketing berkembang pesat. Melalui kuliah umum yang diadakan Fakultas Ekonomi dan Bisnis ini, mahasiswa memperoleh wawasan baru tentang pemasaran berkelanjutan, yang relevan dengan tren masa kini, tanggung jawab sosial, dan pengembangan karir," katanya.
Menurut Prof. Dominggus, pemahaman mahasiswa terhadap konsep pemasaran berkelanjutan akan mempersiapkan mereka menghadapi dinamika pasar dan persaingan menuju Indonesia Emas 2045.
Dr. Marthen Nanere dari La Trobe University, selaku pembicara utama, menyatakan bahwa pemasaran berkelanjutan mampu membangkitkan kesadaran terhadap isu-isu sosial dan lingkungan.
"Para konsumen cenderung mendukung perusahaan yang berkomitmen pada keberlanjutan," ujarnya.
Ia menambahkan, bisnis berfokus pada keberlanjutan memiliki peluang lebih besar mencapai kesuksesan jangka panjang dengan meminimalkan risiko sosial dan lingkungan.
Hal ini perlu ditunjang oleh regulasi yang ketat untuk meningkatkan reputasi perusahaan dan hubungan dengan pemangku kepentingan.
Selain pelatihan, acara tersebut juga mencakup penandatanganan nota kesepahaman antara Universitas Pattimura dan La Trobe University. Kerja sama ini mencakup pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi dan pengembangan sumber daya manusia. (Mars).