Akui Berdarah Maluku, Pemain Ajax Ini Merasa Sulit Bela Timnas Indonesia

Share:

Tristan Gooijer

satumalukuID - Pengakuan mengejutkan diungkapkan bintang muda AFC Ajax, Tristan Gooijer, pemain keturunan Belanda yang menolak jadi warga negara Indonesia (WNI), lantaran ada situasi yang sangat sulit untuk bisa dijelaskan.

Tristan Gooijer sebenarnya sudah lama dikaitkan dengan Indonesia, sebagai salah satu pemain keturunan dengan karier sepakbola mentereng di Belanda.

 

Sehingga pecinta sepakbola di tanah air berharap PSSI bisa menaturalisasi Tristan Gooijer, untuk kemudian membela Timnas Garuda di ajang internasional.

 

Sayangnya, pemain seharga Rp 34 miliar itu mengungkap kesulitan yang dihadapi soal kemungkinan menjadi WNI dan membela Timnas Indonesia.

 

Baru-baru ini, Gooijer mengungkap fakta cukup mengejutkan perihal dirinya diberi tawaran untuk menjadi WNI dalam pendekatan yang dilakukan PSSI.

 

Pemain Ajax Amsterdam itu mengaku sudah dihubungi oleh PSSI, namun secara pribadi Tristan Gooijer belum mendalami situasinya.

 

Menurut pemain yang pernah membela Timnas Belanda U-19 itu, ada sesuatu yang sulit ia jelaskan dan membuatnya terhalang menjadi WNI.

[cut]

 

Tak jelas apa sesuatu yang dimaksud Tristan, ia hanya menyebut situasinya berbeda dengan pemain lain dan itu tidak bisa ia jelaskan.

 

"PSSI pernah menghubungi saya, tapi saya belum mendalami situasinya," ucap Tristan Gooijer.

 

"Karena situasi saya beda tentunya dari pemain lain. Situasi saya lebih berbeda dan sedikit sulit untuk menjelaskan," imbuhnya.

 

Pemain berposisi bek kanan yang saat ini membela Ajax Amsterdam di Eredivisie, diketahui memiliki darah keturunan Indonesia dari neneknya yang asal Maluku.

 

Meski begitu, Gooijer belum tahu situasi pasti mengenai Maluku dan Indonesia, hal ini ia ungkap dalam suatu kesempatan wawancara bersama Yussa Nugraha. 

 

Dalam momen itu, Gooijer mengaku sempat mengunggah bendera Indonesia setelah ia tahu memiliki keturunan asal Maluku. 

 

"Kita ngobrol dengan baik. Tapi aku belum mendalami situasinya. Dulu aku pernah post bendera Indonesia di bio instagramku," ujar Gooijer ke Yussa Nugraha. 

[cut]

 

"Karena aku pikir aku ada darah Indonesia. Dan aku dikasih tahu dari keluargaku kalau Maluku beda dari Indonesia," ujarnya. 

 

Dari wawancara bersama Yussa Nugraha yang diunggah pada November 2023 lalu itu, situasi sulit yang dimaksud Gooijer mungkin adalah restu dari keluarganya.

 

Pasalnya, Gooijer menyebut jika segala keputusan yang ia ambil harus sesuai dengan persetujuan keluarga, jika tidak maka hal itu akan membuat malu keluarganya. 

 

"Aku belum tahu tentang situasi Maluku dan Indonesia," kata Tristan Gooijer.

 

"Kalau aku mengambil keputusan yang membuat keluargaku tidak setuju, aku gak mau hal itu terjadi. Situasi Maluku dan Indonesia sedikit sensitif," tambahnya.

 

Keberadaan Tristan di skuad AFC Ajax itu, mengikuti dua seniornya keturunan Maluku yang jadi legenda klub tersebut yakni Simon Tahamata dan Sonny Silooy. (*/NP)

Share:
Komentar

Berita Terkini